Propylene Glikol memiliki nama IUPAC adalah propana-1,2-diol) yang merupakan senyawa organik dengan rumus kimia CH3CH (OH) CH2OH. bahan ini adalah cairan kental, tidak berwarna, hampir tidak berbau serta memiliki rasa yang manis. Mengandung dua kelompok atom alkohol, itu digolongkan sebagai diol.

bahan ini memiliki tingkat kelarutan dengan berbagai pelarut, seperti termasuk air, aseton, dan kloroform. Secara umum,  propylene glikol ini tidak menyebabkan iritasi, serta memiliki tingkat volatilitas yang rendah dan toksisitas sangat rendah.

Ini diproduksi dalam skala besar dalam indutri terutama untuk produksi pembuatan polimer. Di Uni Eropa, bahan ini memiliki angka E-number E1520 untuk aplikasi industri makanan. Untuk kosmetik serta farmakologi, jumlahnya adalah E490. Propylene glikol juga ada dalam beberapa propilen glikol alginat, yang dikenal sebagai E405.

Propilen glikol adalah merupakan senyawa yang paling dikenal sebagai aman (GRAS) oleh badan Administrasi Makanan dan Obat AS (FDA) di bawah pengawasan 21 CFR x184.1666 dan disetujui oleh FDA untuk penggunaan pada bahan tertentu sebagai nbahan tambahan atau aditif makanan tidak langsung. Propilen glikol disetujui pada pengunaan sebagai wahana untuk sediaan industri farmasi topikal, oral, dan intravena di AS dan di Eropa.